Memulai Bisnis Sampingan? Ini 10 Langkah Agar Kamu Tidak Dipecat

Jika anda ingin memulai bisnis sampingan, tugas kamu adalah memastikan bahwa bisnis yang dijalankan itu benar – benar aman dan tidak me...

Memulai Bisnis Sampingan? Ini 10 Langkah Agar Kamu Tidak Dipecat

Jika anda ingin memulai bisnis sampingan, tugas kamu adalah memastikan bahwa bisnis yang dijalankan itu benar – benar aman dan tidak menimbulkan masalah terutama dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

Tergantung sudut pandang kamu sebagai karyawan dan kontrak yang telah ditandatangani sebagai seorang karyawan, menjalankan bisnis sampingan sangat sering diposisikan pada area abu – abu.

Menjalankannya dengan hati – hati dengan memastikan bahwa ide bisnis sampingan kamu tidak menimbulkan konflik atau menjadi saingan perusahaan tempat kamu bekerja. Kamu harus benar – benar hati – hati dengan kontrak kerja dengan perusahaan tempat kamu bekerja, kamu juga perlu mempertimbangkan apakan bos kamu perlu tahu tentang bisnis sampinganmu atau tidak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini adalah sepuluh langkah agar tidak dipecat saat memulai bisnis sampingan.

1. Ketahui Peraturan Kantor Kamu.

Banyak perusahaan mempunyai peraturan resmi tentang karyawan yang menjalankan bisnis sampingan. Jika kamu tidak pernah bertanya atau mendiskusikan tentang hal ini saat proses interview dulu, sangat penting untuk membaca ulang kontrak kerja yang telah kamu tandatangani dulu.

Bila kamu masih tidak yakin, dan tidak menemukan peraturan tentang peraturan ‘karyawan berbisnis’ maka tidak ada salahnya bila anda bertanya kepada orang yang memang tahu jawabannya misalnya kepada bagian HRD, karena tidak ada salahnya bertanya.

Secara umum, kebanyakan perusahaan tidak melarang secara terang – terangan tentang karyawan yang menjalankan bisnis sampingan. Tetapi bagaimanapun juga, sebagai ganti dari gaji yang kamu terima setiap bulan, perusahaan tempat kamu bekerja akan mengharapkan menjadi prioritas utama apabila terjadi masalah dikemudian hari.

2. Memahami Perjanjian – perjanjian yang Telah Kamu Tandatangani.

Saat memulai kerja, kamu telah menandatangani perjanjian – perjanjian seperti kontrak kerja, peraturan perusahaan, peraturan tertutup (biasanya terdapat pada peraturan perusahaan).

Pelajari satu persatu dengan hati – hati, jika ada sesuatu yang kamu kurang mengerti, sangat penting untuk membahasnya dengan perusahaan 15 – 30 menit. Kesuksesan bisnis kamu dimasa depan dapat tergantung dari bagaimana anda menjalankan perjanjian – perjanjian ini dengan benar.

Banyak perusahaan akan meminta (bahkan memaksa) kamu untuk menandatangani “perjanjian kompetisi”. Kebanyakan dari perjanjian itu dimaksudkan untuk memastikan bahwa para karyawan tidak membuat bisnis yang dapat menjadi kompetitor dari perusahaan tersebut selama mereka menjadi karyawan perusahaan tersebut, atau dalam beberapa waktu setelah mereka tidak bekerja lagi kepada perusahaan (umumnya 2 tahun setelah kontrak kerja selesai).

3. Jangan Menggunakan Informasi /Data-data yang Dimiliki oleh Perusahaan.

Tanpa pengecualian, satu hal yang yang benar – benar tidak boleh anda lakukan saat memulai bisnis sampingan adalah mencuri, menggunakan, atau membagikan data apapaun yang dimiliki oleh perusahaan tempat anda bekerja.

Banyak kasus selama bertahun – tahun yang melibatkan mantan karyawan yang menggunakan data perusahaan untuk kepentingan pribadi, salah satunya digunakan untuk bisnis pribadi /sampingan.

Untuk menghindari masalah, kamu harus benar – benar memastikan tidak menggunakan data perusahaan walaupun secara tidak sengaja. Hal ini juga termasuk dalam proses pembuatan paten, transaksi, dan memastikan bahwa ide kamu terdokumentasi dan transparan.

4. Jangan Mengajak Mantan Rekan Kerja.

Kamu menghabiskan waktu yang cukup lama dengan teman kerja, dan membangun hubungan yang kuat dengan mantan teman kerja, yang dimana terlihat sebagai sebuah situasi yang pas untuk memulai ‘kerja bareng’ lagi untuk bisnis sampingan.

Menurut Ryan Robinson (Entrepreneur, content marketer, online educator), mungkin saja mengajak mantan rekan kerja dapat dipertimbangkan, namun Ryan menyarankan untuk menghindari mengajak mantan rekan kedalam bisnis sampingan kamu.

Aka nada banyak biaya dalam hal ‘legal’ dalam mengajak mantan rekan kerja untuk berpindah, dalam hal mengejar bisnis. Hal ini sangat umum dalam dunia startup, dimana perusahaan yang mempunyai sumber dana yang besar dapat mengubah bisnis sampingan menjadi perusahaan besar dalam waktu yang singkat.

5. Jangan Menggunakan Jam Kantor untuk Mengurus Bisnis Sampingan.

Saat hal ini terlihat mudah untuk dipahami, namun sudah tidak diragukan lagi bahwa menggunakan jam kantor untuk mengurus bisnis sampingan adalah pelanggaran yang sering dilakukan.

Hal ini sering terjadi karena tidak dapat mengatur waktu dengan baik, merasa bahwa progress dari bisnis anda sangat lambat, dan merasa bahwa anda tidak puas dengan pekerjaan yang sekarang. Latihlah terus jiwa disiplin kamu saat hal – hal tersebut muncul.

Menggunakan jam kantor untuk mengurus bisnis sampinganmu menunjukan bahwa kamu adalah seorang yang tidak profesional, dan sepertinya kamu telah melanggar kontrak kerja dengan perusahaanmu. Selain melanggar peraturan, hal semacam ini juga akan menimbulkan efek negatif lainnya terhadap pekerjaanmu.

6. Jangan Menggunakan Sumber Daya Perusahaan untuk Bisnis Sampingan.

Seperti halnya kamu tidak boleh menggunakan jam kerja untuk bisnis, hal ini tidaklah etis apabila menggunakan sumber daya yang dimiliki perusahaan seperti laptop, teknologi, dan alat – alat lainnya yang dimiliki oleh perusahaan tempat anda bekerja.

Sebagai contoh, bila kamu berencana memulai membangun tempat untuk bisnis sampingan, kamu tidak seharusnya menggunakan alat – alat dan sumber daya yang telah dibeli dan dimiliki oleh perusahaan tempatmu bekerja. Walaupun alat – alat tersebut sering kamu gunakan setiap hari di tempat kerja, bukan berarti kamu dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Kenyataannya, kamu harus melakukan hal kebalikannnya. Kamu disarankan untuk membeli, menyewa, ataupun meminjam apapun yang kamu butuhkan untuk bisnis sampingan anda, dan selalu mendokumentasikan hal apa saja yang telah dikerjakan, begitu juga dengan alat – alat yang kamu gunakan untuk bekerja. Hal ini semudah berpegang kepada resep.

7. Jangan Gunakan Komputer Kantor.

Jika kamu memiliki komputer dari kantor, itu adalah milik kantor. Maka dari itu, kamu tidak boleh menggunakannya untuk mengerjakan bisnis pribadi kamu, baik di kantor maupun di rumah.

Meskipun kantormu mengijinkan membawa komputer (laptop) ke rumah, menggunakannya untuk membaca email pribadi, menggunakannya untuk mengerjakan bisnis pribadi adalah hal yang tidak etis dan membuat kamu melanggar peraturan kantor. Jika kamu butuh sebuah komputer /laptop, kamu harus membelinya sendiri, atau meminjamnya dari orang lain. Semudah itu.

8. Jangan Menggunakan Aplikasi dan Tools yang Telah Dibayar oleh Perusahaan.

Sama halnya dengan peraturan lainnya, hanya karena aplikasi yang mahal itu telah dibayar oleh perusahaan tempat kamu bekerja, bukan berarti kamu dapat menggunakannya untuk bisnis pribadimu. Lagi – lagi, hal ini dapat menimbulkan masalah yang berkaitan dengan kontrak kerja anda dengan perusahaan.

Ada bayak aplikasi murah dan bahkan gratis yang dapat kamu gunakan untuk memulai bisnis sampinganmu sehingga tidak terlalu menguras budget pengeluaran. Kamu hanya perlu mencarinya.

9. Jangan Membuat Versi ‘lebih baik’ dari Perusahaan Tempat Anda Bekerja.

Memang sepertinya terlihat lebih mudah untuk membuat perusahaan sejenis dengan perusahaan tempat kamu bekerja, kurang lebihnya anda pasti banyak tahu dan peluang – peluang yang ada akan nampak jelas dan terus up-to-date, namun ini bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan.

Disamping ini adalah sebuah pelanggaran yang sangat jelas terhadap kontrak kerja kamu dengan perusahaan, jika anda tidak ingin dipecat dari perusahaan tempat anda bekerja sebaiknya hilangkanlah ide untuk membuat bisnis yang serupa dengan perusahaan tempat anda bekerja.

10. Tidak Menutup - nutupi Rencana Bisnis Sampingan Sebenarnya Dapat Membantu.

Sebenarnya ini adalah seperti permintaan pendapat untuk berterus terang dan menjelaskan secara jelas rencana bisnismu, terlebih lagi saat bisnismu itu tidak berpotensi menjadi kompetitor perusahaan tempat kamu bekerja.

Membuat keputusan untuk memberitahu perusahaan tentang bisnis sampinganmu harus dilaksanakan sebelum kamu menandatangani kontrak kerja, jadi kamu memiliki hubungan perjanjian yang baik, atau setelah kamu benar – benar memahami kontrak kerja dengan perusahaan tempat kamu bekerja terutama dalam hal menjalankan bisnis sampingan.


Pada intinya, selama kita tidak melanggar peraturan perusahaan, tidak ada yang perlu ditakutkan dalam menjalankan bisnis sampingan. Satu hal yang pasti ketika bisnis sampinganmu memiliki karyawan, pastinya kamu tidak ingin karyawanmu melakukan hal – hal yang mengancam keberlangsungan bisnis sampinganmu, ia kan.?

COMMENTS

Name

Billionaire,2,Business,7,Career,4,CEO,2,entrepreneur,1,Management,7,Motivation,1,Passion,1,Personal,2,Personality,6,Physiology,2,Relationship,4,Soft skill,2,Success,2,Tips,14,Travel,1,Wealthy,1,World Story,4,
ltr
item
Foclass: Memulai Bisnis Sampingan? Ini 10 Langkah Agar Kamu Tidak Dipecat
Memulai Bisnis Sampingan? Ini 10 Langkah Agar Kamu Tidak Dipecat
https://4.bp.blogspot.com/--S_CYdDrb7s/Vxs-REkWusI/AAAAAAAABuk/7aLYuOBHagsBWmchfmPUwMNucTImDeQrwCLcB/s640/Memulai%2BBisnis%2BSampingan%2BIni%2B10%2BLangkah%2BAgar%2BKamu%2BTidak%2BDipecat.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--S_CYdDrb7s/Vxs-REkWusI/AAAAAAAABuk/7aLYuOBHagsBWmchfmPUwMNucTImDeQrwCLcB/s72-c/Memulai%2BBisnis%2BSampingan%2BIni%2B10%2BLangkah%2BAgar%2BKamu%2BTidak%2BDipecat.jpg
Foclass
https://www.foclass.com/2016/04/memulai-bisnis-sampingan-10-langkah-agar-tidak-dipecat.html
https://www.foclass.com/
https://www.foclass.com/
https://www.foclass.com/2016/04/memulai-bisnis-sampingan-10-langkah-agar-tidak-dipecat.html
true
1184865348851696593
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content